Tanah Untuk Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat

7 Oktober 2009.

Liputan khusus 



Upacara dalam rangka Peringatan Hari Agraria Nasional ke-49 yang diperingati setiap tanggal 24 September diadakan di halaman BPN RI, Jumat (02/10). Bertindak selaku pembina upacara Kepala BPN RI Joyo Winoto, Ph.D dan Inspektur Upacara, Kasubdit Tematik Wilayah Khusus KGS Zulkifli AM. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Pejabat Eselon I, II, III dan IV serta karyawan-karyawati BPN RI. Hadir pula para undangan Dharmawanita Persatuan, mantan Pejabat BPN RI, Ketua REI, Ketua IPPAT dan Ketua KPA.


Hal yang menarik pada peringatan kali ini yakni seluruh peserta upacara dan undangan memakai pakaian batik. Penggunaan batik pada tanggal 2 Oktober merupakan pelaksanaan himbauan Presiden RI seiring dengan penetapan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh UNESCO.

Kepala BPN RI dalam sambutannya mengajak seluruh keluarga besar BPN RI untuk tiada henti berbenah dalam memperbaiki sistem pertanahan di tanah air, untuk terus melaksanakan reformasi birokrasi lembaga pertanahan, reforma agraria, pembenahan dasar substansi pertanahan, penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan secara sistematik, pengembangan infrastruktur pertanahan di seluruh tanah air, juga penerapan good public governance di setiap lini keagrariaan, gerakan nasional pertanahan secara taat azas atas UUPA, gerakan nasional mewujudkan tanah untuk keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, serta keberlanjutan kebangsaan Indonesia dan harmoni sosial.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPN RI memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 33 Pegawai BPN RI atas pengabdiannya kepada negara untuk masa kerja 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan acara pelepasan dua Pejabat Eselon I yang telah memasuki masa purnatugas yaitu . Bambang Eko HN dan Dr. Sugiri.

Ditempat yang sama diserahkan bantuan kepada anak-anak berprestasi dan para pensiunan sebagai wujud tali kasih BPN RI dalam rangka Hari Agraria Nasional dan halal bi halal Idul Fitri 1430 H dengan keluarga besar BPN RI.