552 lulusan STPN Tahun 2009 di Wisuda

552 lulusan STPN Tahun 2009 di Wisuda
Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia yang diwakili Sestama BPN RI, Bapak Managam Manurung, SH. MKn bertempat di aula STPN Yogyakarta, pada hari Rabu lalu, tanggal 19 Agustus 2009 mewisuda sebanyak 552 orang lulusan STPN terdiri dari Program DIV Jurusan Manajamen Pertanahan 37 orang, Jurusan Perpetaan 39 orang, dan Program DI Pengukuran dan Pemetaan Kadastral 446 orang. Hadir dalam acara tersebut para Deputi, Irtama, Staf Khusus Ka BPN RI Bidang Hukum, para Kakanwil BPN Provinsi sekuruh Indonesia.

Dalam sambutan Kepala BPN RI yang dibacakan oleh Sestama BPN RI, Kepala BPN RI berpesan bahwa setiap lulusan STPN berkontribusi mengaplikasikan kesarjanaannya kepada lingkungan kerja terutama pada bidang perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran dan pemeriksaan serta laporan. "Saudara harus terlibat langsung dalam proses tersebut, " katanya.

Lebih lanjut dikatakan setiap lulusan STPN dapat melaksanakan tugas-tugas kebijakan nasional pengelolaan pertanahan yaitu : 1. Melaksanakan 5 Program Utama Penataan Pertanahan yaitu a) Reforma Agraria b) Legalisasi Aset Tanah c) Penanganan Tanah Terlantar d) Penanganan Sengketa Pertanahan dan e) Pengembangan Kantor Pertanahan Bergerak (Larasita). 2. Melaksanakan Penataan Kelembagaan melalui Penyerderhanaan Norma dan Aturan, Penataan Organisasi dan Pengembangan Pegawai, Pengembangan Infrastruktur Agraria dan Pengembangan Hukum Pertanahan. 3. Melaksanakan 11 Agenda Operasional Penataan Pertanahan.

Kepala BPN RI mengharapkan para lulusan supaya dapat menjalankan fungsi-fungsi pertanahan dan tidak menyimpang dari empat prinsip pertanahan.

Pada ada kesempatan yang sama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.Taufik Agus Winanto, MSi meminta kepada lulusan DIV dan DI STPN untuk ikut membantu program-program BPN RI dalam rangka percepatan sertipikat hak atas tanah yaitu Larasita. "Hal ini dirasakan dengan kehadiran Larasita sangat membantu masyarakat yang terpencil terutama di Kab. Bantul, Kab, Kulonprogo dan Kab. Sleman, " ujarnya.

Sebelumnya Ketua STPN, Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, MA melaporkan wisuda yang diselenggarakan tahun 2009 untuk DIV adalah wisuda ke-19 dan DI ke-15. Para lulusan DIV mendapatkan gelar Sarjana Sain Terapan (S.ST) dan DI surveyor berlinsensi. Di malam keakraban diserahkan masing-masing penghargaan dengan peringkat terpuji kepada 5 Wisudawan-wisudawati DIV Jurusan Manajemen Pertanahan dan Jurusan Perpetaan serta DI Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.

Usai wisuda diadakan bedah 2 buku terbitan STPN Press dengan judul buku "Keistimewaan Yogyakarta Yang Diingat dan Yang Dilupakan " editor Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, M.A dan buku berjudul "1000 Peribahasa Daerah Tentang Tanah/Pertanahan Di Indonesia" disusun Julius Sembiring.