Rencana Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Tahun 2010-2014

9 Desember 2010.
Liputan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan karunia, taufik dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Dokumen Rencana Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (Renstra BPN-RI) Tahun 2010-2014.

Renstra ini disusun dengan berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional Tahun 2010 – 2014. Renstra BPN RI Tahun 2010-2014 akan digunakan sebagai instrumen dalam rangka melanjutkan, meningkatkan dan mengembangkan pembangunan pertanahan yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya.
Renstra BPN-RI Tahun 2010 – 2014 juga merupakan pedoman sekaligus kendali dan acuan koordinasi serta rencana aksi bagi setiap unit kerja pada semua tingkatan organisasi BPN-RI. Sebagai komitmen perencanaan, Renstra juga berfungsi sebagai alat bantu dan tolok ukur dalam menjalankan misi, kebijakan serta program nasional untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua, untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi BPN RI dan pada akhirnya seluruh pengelolaan pertanahan yang dilaksanakan memberikan manfaat bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Di masa-masa mendatang, tantangan akan makin berat sehingga sangat dibutuhkan pemikiran luas dan tidak biasa untuk menyelesaikan masalah pertanahan di Indonesia. Dengan kata lain, perlu ada second wave reform atau reformasi gelombang kedua di BPN RI.
Akhir kata, semoga buku ini bisa membuka dan meningkatkan pemahaman dan keyakinan bahwa BPN RI tidak sekadar mengurus administrasi pendaftaran tanah. Lebih dari semua itu, BPN RI mempunyai tugas yang lebih besar dan mulia yaitu mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Rakyat yang berdaya, mandiri, yang bisa mengontrol kehidupannya sekarang dan masa mendatang.
Semoga Allah SWT memberkahi niat, tekad, dan langkah dan tugas BPN RI tersebut, guna meningkatkan kesejahteraan generasi Indonesia saat kini maupun generasi Indonesia yang akan datang.
Isi selengkapnya dapat dilihat dan diunduh pada lampiran di bawah ini.
RENSTRA 2010-2014