Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah informasi komputer sistem berbasis digunakan untuk digital mewakili dan menganalisis fitur geografis hadir di permukaan bumi dan peristiwa (non-spasial atribut terkait dengan geografi yang diteliti) yang berlangsung di atasnya. Makna untuk mewakili digital adalah untuk mengkonversi analog (garis halus) ke dalam bentuk digital.
Definisi GIS
GIS adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data direferensikan oleh koordinat spasial / geografis. Dengan kata lain, SIG adalah baik sistem database dengan kemampuan spesifik untuk data spasial direferensikan serta seperangkat operasi untuk bekerja dengan data. Hal ini juga dapat dianggap sebagai peta yang lebih tinggi.
Teknologi GIS mengintegrasikan operasi database umum seperti query dan analisis statistik dengan visualisasi yang unik dan manfaat analisis geografis yang ditawarkan oleh peta. Kemampuan membedakan SIG dari sistem informasi lainnya dan membuatnya berharga untuk berbagai perusahaan publik dan swasta untuk acara menjelaskan, hasil prediksi, dan strategi perencanaan.
Sistem Informasi Geografis adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk digital mereproduksi dan menganalisis fitur hadir di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di atasnya. Dalam terang fakta bahwa hampir 70% data memiliki referensi geografis sebagai penyebut itu, menjadi penting untuk menggarisbawahi pentingnya suatu sistem yang dapat mewakili data yang diberikan secara geografis.
Sebuah GIS khas dapat dipahami dengan bantuan urutan yang diberikan di bawah ini: input data
  • manajemen data (penyimpanan data dan pengambilan)
  • manipulasi dan analisis
  • data output
Oleh karena itu SIG dipandang sebagai alat untuk membantu dalam pengambilan keputusan dan manajemen atribut yang perlu dianalisis secara spasial.